Daerah Nganjuk

Tampak depan alun-alun Nganjuk
(Sumber: https://corlena.wordpress.com)

Profil tentang Nganjuk...


Nganjuk adalah tempat aku dilahirkan.
Nganjuk sering disebut sebagai Kota Angin, karena dicuaca tertentu sering terjadi angin dan itupun saat musim kemarau pasti angin selalu melanda kota nganjuk. Beribukota Nganjuk, kabupaten nganjuk berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro di utara , Kabupaten Jombang di timur, Kabupaten Kediri dan Ponorogo di selatan ,dan Kabupaten Madiun di barat.

 Asal mula nama Nganjuk berasal dari Anjuk Ladang. Alur sejarah Kabupaten Nganjuk adalah berangkat dari keberadaan kabupaten Berbek dibawah kepemimpinan Raden Toemenggoeng Sosrokoesoemo 1. Dimana tahun 1880 adalah tahun suatu kejadian yang diperingati yaitu mulainya kedudukan ibukota Kabupaten Berbek pindah ke Kabupaten Nganjuk.


 Nganjuk juga memiliki tempat wisata yang beragam dan menarik diantaranya air terjun sedudo, air terjun roro kuning, candi ngetos, candi lor, goa Margo tresno, hok yoe kiong (klenteng),  monumen Dr.Soetomo, taman anjuk ladang, museum anjuk ladang, monumen Jend. soedirman , Agrowisata ( tempatnya juragan bawang merah di nganjuk jawa timur). Itulah nama-nama tempat wisata yang ada di kota ku asal nganjuk tercinta. Selain itu ada sebuah budaya atau adat istiadat yaitu tradisi mandi sedudo atau mandi di air terjun sedudo yang dilakukan oleh para gadis-gadis yang masih perawan dan berambut panjang yang diadakan setiap bulan Suro atau tahun baru Hijriyah 1 Muharram atau dikenal dengan 1 Suro oleh masyarakat jawa. 

Tujuan dari mandi suro tersebut untuk melestarikan budaya yang sudah melekat sejak lama dan untuk keselamatan kotaTuju nganjuk. Nganjuk memang kota kecil tetapi juga merupakan sumber dari produksi bawang merah yang sangat meroket dan sukses di pasaran yang hasil produksinya berkualitas. Bukan hanya tempat wisata yang menjadi logo nganjuk tetapi juga makanan khas dan ciri khas nganjuk. Diantaranya dari makanan yaitu nasi becek. Nasi becek atau dengan nama lain yang biasa orang jawa sebut yaitu "sego becek". Nasi becek berisi sate kambing yang dicampur gule atau kari kambing yang dijadikan satu dan disebut nasi becek.


sumber: (http://www.eastjava.com)





Copyright©2015 - AlfiyaSenfa. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Instagram

Popular Posts